Minggu, 24 Juni 2012

Inilah Sisi Positif Rencana Nasdem Biayai Caleg


 Oleh: Firman Qusnulyakin
INILAH.COM, Jakarta - Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti melihat sisi positif rencana Partai Nasdem biayai para calon anggota legislatif (Caleg) hadapi Pemilu Legislatif 2014.

Menurut Ray, ada lima kelebihan jika caleg didanai parpol. Pertama, keuangan parpol lebih tertib dengan mengalokasikan dana Pemilu yang sama nilainya untuk setiap caleg dan akan memudahkan proses audit.

"Mekanisme satu pintu, parpol ini tidak bisa bohong. Kalau punya uang Rp 20 miliar, tapi danai banyak orang, itu bisa jadi tanda tanya," kata Ray, dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu (23/6/2012).

Kedua, caleg dari partai tersebut merupakan calon-calon yang lebih berkualitas, namun tidak memiliki banyak uang dapat berkesempatan duduk di kursi parlemen. Ketiga, menurut Ray, setelah duduk di parlemen, para legislatif yang semua dibiayai parpol tersebut akan lebih fokus pada kerja-kerja politik. Mereka, katanya, tidak perlu memikirkan bagaimana mencari dana untuk menang pemilu berikutnya.

Keempat, membantu pembatasan dana kampanye. Contohnya, kata Ray, dana kampanye setiap caleg dibatasi hanya boleh Rp2 miliar. Hal ini menghindari para caleg mengunakan dana kampanye dari sumber-sumber yang tidak jelas. "Mendidik parpol lebih bertanggung jawab kepada kadernya. Selama ini kekuasaan parpol begitu besar tapi tanggung jawabnya sedikit," tandasnya.[bay]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar